Saturday, January 7, 2017

Pendidikan Seks untuk anak Sejak dini, PENTINGKAH?


apakah pendidikan seks dini untuk anak itu penting, Hal ini masih merupakan polemik dan menjadi hal yang tabu di kalangan orang tua di Indonesia, padahal di luar negri sana, seperti di australia, pendidikan seks untuk anak sejak dini itu penting, Dapat kita saksikan, mulai dari aborsi, hamil diluar nikah, dan kekerasan seksual lainnya sedang menjamur di Indonesia. Penyebab dari adanya kekerasan seksual ini bukan hanya datang dari pelaku saja, tetapi datang juga dari kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pendidikan Seks. Orang tua menganggap Pendidikan Seks untuk anak itu merupakan sesuatu yang porno, sedangkan dilain sisi, beberapa sekolah mulai menjalankan aksi peduli anak dengan mengajarkan Pendidikan Seks sejak dini. Namun saya rasa sebagai penulis artikel ini. hal itu bukan hal yang efektif. karena pada dasarnya, pendidikan itu hanya didasarkan oleh pemaparan dan pertemuan antar muka saja, tanpa adanya penjelasan lebih lanjut dan konselin dari guru yang mengajarkan.

Baca Juga : Cara Menjaga Gigi Susu pada Anak

Dilain sisi juga. kemajuan teknologi tidak dapat kita hindari, dimana pencarian dan cara untuk menemukan informasi semakin mudah, kita mengetahui kini dengan adanya Google sebagai sebuah mesin pencari pintar masa kini, dengan mengetikkan hal yang ingin dicari maka banyak hal yang akan ditampilkan. Hal ini juga terkadang menjadi boomerang  bagi kita, karena kita tidak ingin anak kita dianggap menjadi orang yang kolot karena tidak mengetahui teknologi, tapi di lain sisi juga, pengawasan dalam pencarian informasi tidak bisa kita batasi karena informasi yang kita dapatkan tidak dapat disaring. Bukan hanya itu, pembahasan tentang pendidikan seks sejak dini antara orang tua dan anak dapat menjadi hal yang canggung, apalagi apabila si anak yang bertanya pertama, dilain sisi orang tua juga enggan untuk menceritakan pendidikan seks kepada si anak. dan pada akhirnya, dia akan penasaran dan mencoba mencari sendiri, baik itu menggunakan mesin pencari Google,  ataupun bertanya kepada teman-temannya, yang sama tidak tahunya ataupun sok mengerti. 

Lihat Juga : Hal yang wajib diajarkan seorang Ibu kepada anak Laki-lakinya.

Pemikiran masyarakat saat ini berpikir bahwa, Pendidikan Seks untuk anak sejak dini, hanya akan membuat si anak semakin ingin melakukan hal yang berbau negatif. Hal yang penting dan perlu kita ketahui pemikiran di masyarakat yang beredar saat ini itu merupakan sebuah kesalahan yang fatal, Masyarakat akan berfikir bahwa hal yang kita ajarkan cenderung ke arah aktivitas yang seks yang dilakukan, akan tetapi Pendidikan Seks Untuk anak sejak dini itu mengajarkan tentang alat reproduksi, Pentingnya penggunaan kontrasepsi, Seksual yang sehat, Nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku. 

Ini Juga Penting : Manfaat Kita Hidup Sederhana

Terdapat banyak manfaat dalam Pendidikan seks saat ini, sebagai contoh. Pendidikan seks untuk anak sejak dini yang benar, Dapat mengajarkan dan mencegah anak untuk melakukan hubungan diluar menikah. Karena si anak sudah mengetahui apa alasan tidak bolehnya hubungan seks diluar nikah dan apa akibatnya, baik secara psikis maupun rohaninya. Pendidikan Seks ini juga akan berfungsi saat mereka nantinya beranjak dewasa, Dengan mengetahui pendidikan ini, mereka akan mengetahui agar melakukan seks yang sehat demi mencegah adanya penyakit reproduksi terutama penyakit HIV/AIDS.

Dengan begitu dan pemaparan yang saya berikan, saya rasa, Pendidikan Seks sejak dini untuk anak itu sangat penting, Disini, peran Orang Tua dan sekolah sangat dibutuhkan, karena merekalah yang paling dekat dengan si anak. Hal ini akan menghindari kejadian Hamil diluar nikah, dan menekan angka penduduk yang terkena penyakit HIV/AIDS.

Artikel Terkait

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon