Friday, February 27, 2015

AWAS BEGAL...!!!!

Baru – Baru ini banyak sekali terjadi rawan kejahatan dimana saja, dalam hal ini yang baru saja terjadi dan masih Fresh dan Hot adalah kasus Begal yang terjadi di beberapa kota besar di Indonesia. Hal ini mungkin sangat membuat khawatir bagi beberapa orang, terutama bagi orang yang pulang kerja larut malam, adapun orang yang di incar para pembegal ini sendiri merupakan orang yang berjalan membawa motor sendirian, membawa barang banyak dan berharga. Kali ini saya akan membuat artikel tentang ciri – ciri orang yang akan menjadi sasaran pelaku begal. Dalam hal ini bukan berarti orang yang tidak memiliki ciri – ciri seperti ini tidak akan terkena begal.



  1. Para pembegal akan melakukan aksinya terhadap orang yang berkendara menggunakan sepeda motor sendirian.
  2. Pembegal akan mengincar orang yang membawa motor terlalu pelan ataupun orang yang terlihat lelah saat membawa motor,
  3. Pembegal akan mengincar orang yang membawa motor secara monoton ( selama 5 menit laju motor terasa konstan)
  4. Pembegal akan melakukan aksinya pada orang yang membawa barang bawaan yang banyak.
  5. Pembegal biasanya juga akan mengincar motor - motor standart, tanpa modifikasi.

Mungkin beberapa contoh diatas akan menjadi  target sasaran para pembegal. Seperti yang telah saya sampaikan itu tidak menutup kemungkinan untuk orang – orang yang berada di luar kriteria diatas.
Mungkin menurut saya, adapun solusi untuk masalah yang kita hadapi sekarang sebagai berikut :


  1. Jika hari sudah larut cobalah untuk pulang bersama teman yang searah.
  2. Hindari tempat-tempat yang cenderung kurang penerangan.
  3. Selalu “AWAS” gunakan spion untuk melihat situasi,
  4. Pada saat jalan sepi dan gelap usahakan ngebut.
  5. Jika ingin berhenti cobalah berhenti di supermarket, ataupun tempat – tempat yang memiliki cctv,
  6. Gunakan pakaian yang tertutup dan cenderung tebal. Sangat disarankan untuk teman – teman yang memiliki tubuh yang kurus.
  7. Bagi wanita berambut panjang, pada saat mengenakan helm, rambut dimasukkan kedalam helm, untuk meminimalisir terjadinya begal.
  8. Jangan menerima panggilan seluler selama perjalanan, apabila terpaksa lakukan ditempat yang terang dan ramai orang.
  9. Sedikit galaklah pada saat di jalan. Mungkin bagi pria dengan menggeber motornya.
  10. Lakukan modifikasi pada motor anda agar apabila dalam melakukan pencarian lebih mudah.

Jika hal-hal diatas sudah anda lakukan, akan tetapi anda masih menjadi target pembegalan,  seperti ada orang yang langsung mencoba menempel dengan motor kalian, cobalah tetap tenang, dan lakukan hal berikut ini.


  1. Jangan pernah menepi, jika sudah pada saat seperti ini, cobalah untuk tetap berjalan ditengah, lakukan sedikit kejutan. Seperti menggeber motor anda.
  2. Beranilah sedikit, jika melihat katana, dan pelaku begal memegang tangan anda, beranilah untuk menendang motor pelaku. Jangan takut, dan sayangilah nyawa anda.
  3. Jika dalam posisi itu anda masih dikejar cobalah memacu kendaraan anda sekencang – kencangnya, dan lakukan manuver membawa motor sambil menunduk.
  4. Jika anda sudah tertangkap dan ada orang didepan anda, pelaku begal. Silahkan beranikan diri anda untuk menabrakkan mereka, sampai anda lolos. Jangan menabrak motornya, karena itu hanya akan mempersulit anda, cobalah tabrak celah antar motor depan dan motor kanan yang mendempet anda, kemungkinan besar pelaku begal akan berdiri disitu, jangan takut dosa. Dosa mereka lebih besar.

Dalam melakukan hal diatas. Percayakan diri anda bahwa nyawa anda lebih berharga, jadi lakukanlah segala sesuatunya dengan aman, dan keep safe.
Dalam hal ini, pembegal biasanya terdiri dari 2 orang 1 motor, cobalah untuk melakukan goyangan pada motor pembegal untuk menyelamatkan diri, jika salah satu dari mereka terjatuh, jangan lihat kebelakang dan langsung lari saja.


Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat, +1 dari anda sangat saya hargai, Keep Safe and Healthy.

Artikel Terkait

1 comments so far

Dan katanya, begal juga mengintai motor yang bawaannya masih standart gan. Ngerii...

back gan http://myinspiration20.blogspot.com

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon