Tuesday, November 28, 2017

Ciri - Ciri Lowongan Pekerjaan tidak aman


di jaman milenial ini sudah sangat sulit untuk mencari pekerjaan, bagi yang tamatan sarjana saja susah untuk mencari pekerjaan, apalagi yang tamatan SMA, namun tidak banyak orang yang tergoda oleh pekerjaan yang meng-iming imingi gaji yang besar dan pekerjaan yang mudah, ini merupakan salah satu contoh lowongan pekerjaan yang tidak aman.

Namun, ada beberapa ciri lain bahwa lowongan pekerjaan itu dikatakan tidak aman, seperti :

1. Harus bayar biaya pendaftaran.
Tidak sedikit perusahaan ataupun oknum yang meng-imingi calon pelamar pekerjaan dengan pekerjaan bergaji besar dengan melakukan pemungutan biaya pendaftaran, hal ini termasuk ke dalam biaya administrasi, menurut mereka. padahal sebenarnya ini merupakan pungutan liar oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan perusahaan tertentu atau badan usaha tertentu, oleh karena itu sebaiknya para pelamar pekerjaan berhati-hati oleh oknum seperti ini.

2. tidak ada situs perusahaan resmi.
Sebuah perusahaan atau badan usaha baik itu kecil maupun besar sudah pasti memiliki situs perusahaan, situs perusahaan ini bukan hanya akan menunjukkan keabsahan sebuah perusahaan tetapi untuk memberikan kepastian kepada client usaha mereka, dengan adanya situs yang resmi menunjukkan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang aman.

3. meminta data pribadi sebelum ada undangan wawancara.
meminta data pribadi sebelum adanya undangan wawancara kerja merupakan hal yang janggal, karena biasanya sebuah perusahaan tidak akan meminta data pelamar apabila mereka tidak akan di wawancara, biasanya hal-hal yang bersifat pribadi ini akan digunakan untuk hal negatif oleh perusahaan gelap.

4. Gaji yang tidak wajar.
Besarnya gaji sering membuat orang tergiur akan usahanya, Tentu saja semua orang pasti menginginkan gaji yang besar dengan kerjaan yang mudah. Tapi ada hal yang harus kita ingat, semakin besar gaji yang kita terima dalam pekerjaan, semakin besar pula tanggung jawab yang kita emban. oleh karena itu jangan mau tergiur oleh gaji yang besar.

5. Penawaran kerja tanpa ada keahlian.
Setiap perusahaan pasti memerlukan tenaga ahli dalam perusahaan mereka, tentu saja ini untuk memangkas biaya dan efisiensi dalam bekerja. jadi apabila ada perusahaan yang menerima semua orang tanpa adanya keahlian, itu patut untuk dipertanyakan.

6. penawaran kerja tanpa proses wawancara.
Dalam melamar pekerjaan hal yang lumrah apabila kita akan diwawancarai, wawancara bertujuan agar pihak staff perusahaan lebih mengenal kita baik itu secara potensi, semangat, dan pengetahuan kita tentang bidang yang akan kita kerjakan, jadi apabila kita diterima tanpa adanya proses wawancara tentu saja hal yang aneh bukan?

7. undangan wawancara tanpa memberikan posisi kita kerja
Biasanya dalam wawancara akan ditanyakan juga posisi kita bekerja, atau penjelasan kita akan bekerja di bagian apa. Dengan adanya undangan wawancara yang tidak memberitahukan posisi kita dalam bekerja, biasanya akan ada pemungutan biaya untuk menempatkan posisi kita, dan tentu saja seperti point pertama, hal ini hanya pungutan liar yang merugikan dan tidak menguntungkan kita sama sekali.

8. posisi pekerjaan yang tidak sesuai dengan job deskripmen
penjelasan tentang jobdesk kita sering sekali dijelaskan pada saat proses pelamaran kerja, tidak sedikit perusahaan yang pada saat wawancara menambah jobdesk pekerjanya secara sepihak untuk mencari keuntungan dan menekan biaya anggaran, biasanya perusahaan yang sedang merintis banyak melakukan hal seperti ini.

9, Domain perusahaan gratisan dan tidak sesuai dengan email perusahaan.
Seperti point nomor 2, situs perusahaan yang resmi itu dibutuhkan untuk menunjukkan bahwa perusahaan tempat kita akan bekerja merupakan perusahaan yang serius, sangat tidak mungkin apabila sebuah perusahaan menggunakan domain blogspot sebagai domain gratis untuk tempat perekrutan mereka.

10. Data-data perusahaan tidak jelas
Dalam situs perusahaan biasanya terdapat jelas data-data perusahaan yang diberikan, seperti lokasi tempat usaha, siapa saja petinggi perusahaan, alamat dan nomor perusahaan, serta siapa saja yang merupakan partner usaha mereka. Data perusahaan yang tidak jelas merupakan salah satu Ciri-Ciri Lowongan pekerjaan yang tidak aman

11. pengiriman email terkesan lebay.
Email merupakan sebuah surat elektronik, dan apabila sebuah email dikirimkan oleh perusahaan, ada baiknya email tersebut merupakan email yang bersifat resmi atau menggunakan kata-kata resmi. Seperti "Kami" "Saya" dan sebagain,
tidak menggunakan bahasa Slang seperti "Gue" "loe" dan sebagainya.

Itulah merupakan Ciri-Ciri Lowongan pekerjaan yang tidak aman, apakah perusahaan tempat melamarmu saat ini memiliki ciri-ciri seperti diatas? sebaiknya kamu patut mencurigainya jika iya. Semoga beruntung

Artikel Terkait

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon