Wednesday, August 17, 2016

Tips Anti Pegal di depan Komputer / Laptop/ PC.

Merasa badan pegalinu, keram di bahu, pinggang, dan bagian tubuh lainnya ?? Makannya pakai ini (Merk dagang) Dijamin Pegal hilang dengan seketika.

Ingin rasanya bilang begitu di tulisan kali ini, tapi sayangnya saya sendiri belum dapat endorse dari produsen obat pegal dan obat kuat lainnya (Ngarep) Mungkin tidak sedikit karyawan yang merasakan pegal dibagian belakang tubuh, Namun tidak sedikit orang yang menyembuhkan pegal di tubuh dengan meminum jamu. Tidak salah memang, tapi apakah jamu itu sebagai penyembuh? tentu tidak,

Kalau saya sendiri sebagai penulis blog ini terkadang merasakan sakit yang sama, keram dibagian badan. duduk lebih dari 4 jam di depan laptop saja sudah bisa bikin pegal, ga kebayang deh kalo sampai 8 jam di depan komputer, mungkin pinggang bisa copot dibuat. namun disini saya akan membagikan tips pegal ala diri sendiri,

1. Melakukan Relaksasi selama 5 menit.
Relaksasi tubuh sangat dibutuhkan apabila badan terasa sudah sangat kaku, lebih baik meluangkan waktu 5 menit untuk relaksasi daripada menahan sakit berlebihan. relaksasi pun tidak harus yoga, kan ga lucu aja kalau sampai harus yoga di dalam kantor. cukup melakukan peregangan saja pasti udah cukup untuk mereklasasi diri.

2. meminum air putih.
meminum air putih lebih banyak dari biasanya akan membantu kita untuk lebih tahan lama untuk duduk didepan komputer. biasanya untuk duduk lama didepan laptop sambil browsing - browsing web aku pasti nyiapin 2-3 liter air. memang tidak bisa langsung habis semua, tapi setidaknya tidak perlu repot-repot bolak-balik ke dapur untuk ngambil air minum.

3. Hindari memelintir badan.
Kebanyakan orang yang terkena pegal linu pasti bakalan memelintir badannya agar merasa lega, sebenarnya tindakan ini berbahaya. memelintir badan itu dapat membuuat posisi tulang belakang menjadi berantakan, selain itu juga, memelintir badan dapat mengakibatkan penyakit sendi yang lebih kronis dan parah. Jadi sebaiknya hindari memelintir bagian tubuh untuk menghindari cedera yang berlebihan.

4. istirahat sejenak.
Bekerja secara penuh itu emang penting, tapi istirahat sejenak dari pekerjaan itu lebih penting, tubuh manusia itu tidak seperti mesin, bahkan mesin pun apabila dioperasikan secara terus menerus pasti akan rusak juga, hal itu pun terjadi pada benda mati, apalagi benda hidup seperti kita manusia, yang dapat merasakan letih, dan kelelahan, sebaiknya ketika merasa sangat lelah dan pegal. segerakanlah istirahat, tapi jangan terlalu lama juga, karena akan mengganggu pekerjaan.

5. berkeliling.
Terkadang kalo kita merasakan pegal yang berlebihan kegiatan berkeliling diperlukan, tidak perlu lari keliling komplek rumah / perkantoran / atau lapangan sepak bola. karena akan menguras stamina kita, kegiatan berkeliling ini dapat dilakukan misalnya pergi ke kamar mandi, ke kantin, ataupun sekedar berdiri saja.

6. Gerakan Spesial.
Ada beberapa ahli yang mengatakan, untuk menyembuhkan pegal dibagian belakang seperti punggung, dan leher dengan cara bersandar di dinding sambil ambil posisi duduk, (duduk ngambang di dinding) dengan posisi begini duduklah tegak di dinding sambil menekan tubuh ke arah belakang agar peredaran darah dapat berjalan dengan lancar.

Hindari juga untuk menunduk pada saat bermain atau bekerja di depan komputer, karena dapat membuat kita bungkuk, apabila sudah duduk dengan leher yang tegak di depan komputer dan masih merasakan pegal silahkan ulangi tips nomor 1-6.

Artikel Terkait

4 comments

Nomer 5 tuh yang paling sering saya lakukan. Selain membuat badan gerak, juga membuat mata menjauh dari radiasi layar komputer ...

Tapi ga sampe lari keliling lapangan sepak bola kan?? bahaya soalnya kalo sampe lari keliling lapangan sepak bola, selain jauh bisa telat kerja juga kan wkwk

Thank's bro. kalo ada yang lebih bagus lagi, boleh di share bro :)

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon