Wednesday, May 6, 2015

Balada Lampu Lalu Lintas

Hasil gambar untuk warna merah lampu lalu lintas
Lampu Lalu Lintas sering dianggap sepele oleh para pengguna jalan di Indonesia, khususnya bagi para pengguna sepeda motor, namun sering sekali dalam pikiran kita tidak terlintas kenapa sih lampu lalu lintas itu harus memiliki 3 warna, kenapa sih harus memiliki warna merah, kuning, dan hijau, kenapa ga memiliki 7 warna saja seperti pelangi, kan keren.

Mungkin hal-hal kecil seperti ini tidak terlintas dalam pikiran kita. Lampu Lalu Lintas pertama kali dikenal pada tahun 1868, sebelum pada tahun 1868. Lalu lintas diatur oleh polisi lalu lintas yang menggunakan bendera putih sebagai alatnya dan peluit sebagai alat bantunya. Pada saat tahun 1868 lampu lalu lintas belum berbentuk kompleks dan memiliki 3 warna seperti sekarang, pada saat itu hanya memiliki tanda “STOP” dan “GO”. 1 tahun setelah digunakannya lampu ini tepatnya pada januari 1869 lampu lalu lintas itu meledak dan melukai seorang petugas, lalu penggunaan lampu lalu lintas itu diberhentikan. Lampu Lalu Lintas itu pertama kali dipasang di London di dekat gedung parlemen pada saat itu.
Hasil gambar untuk garret august morgan
Kemudian Garrett Augustus Morgan seorang berkebangsaan Amerika Serikat berusaha membuat lampu lalu lintas agar dapat digunakan secara efektif dan juga lebih aman. Penemuannya ini bermula ketika ia melihat suatu tabrakan yang terjadi antara mobil dan kereta kuda yang terjadi pada januari 1869. Dia melihat kelemahan dari lampu lalu lintas itu dimana tidak ada jeda antara “GO” dan “STOP”

Lalu Garret Augustus Morgan mulai membuat lampu lalu lintas yang lebih efektif dan aman dengan berbentuk  huruf T dan memiliki 3 warna, dengan warna, merah, kuning, hijau. Warna kuning inilah yang digunakan sebagai jeda antara “GO” dan “STOP”. Berikut itu merupakan sejarah Lampu Lalu Lintas dari London.
Akan Tetapi pada tahun 1912 Seorang polisi bernama Lester Wire menemukan lampu lalu lintas pertama di dunia yang dijalankan dengan tenaga listrik. Dua tahun kemudian, hal yang sama dilakukan oleh American Traffic Signal Company, di Cleveland, Ohio. Lampu lalu lintas ini terdiri dari dua warna, merah dan hijau, dan sebuah bel listrik yang berfungsi untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu.

Baca Juga : Penyebab orang jadi boros

Pada tahun 1920, seorang petugas polisi bernama William Potts, di Detroit, Michigan menyempurnakan pembuatan lalu lintas dengan tiga warna yang kemudian dikenal sebagai dasar ditemukannya lampu lalu lintas modern yang ada pada saat ini. Lampu lalu lintas pertama yang dioperasikan secara otomatis diperkenalkan pada Maret 1922 di Houston, Texas. Di Inggris, lampu lalu lintas pertama dioperasikan di Wolverhampton pada tahun 1927.

Apa Dari antara kita ada yang sadar mengapa lampu lalu lintas itu berwarna Merah, Kuning, dan Hijau.

1. Warna Merah.

Warna Merah pada lampu lalu lintas artinya berhenti ataupun stop. Pada dahulu kala manusia dikenal dengan makhluk yang suka berperang, dalam perang warna merah dapat dilihat pada darah, dan juga api ledakan. Lalu setelah mereka tersadar bahwa perang itu merugikan akhirnya mereka berhenti berperang dan membuat kelompok anti peperangan, lalu kelompok itu membuat peraturan untuk tidak saling membunuh ataupun saling melukai. Lalu kata untuk tidak saling membunuh ini diaplikasikan menjadi, awas bahaya, awas terluka, awas dapat melukai, dilarang melukai. Lalu dengan serapan – serapan kata itu, warna merah diartikan seperti larangan, hal ini dapat kita lihat dari rambu lampu merah yang artinya stop, dan rambu lalu lintas yang berbentuk huruf lalu digaris merah untuk menandakan larangan.

2. Kuning.

Warna Kuning pada lampu lalu lintas memiliki arti untuk berhati- hati. Warna kuning biasanya dilibatkan dengan api yang kecil. Kembali lagi dalam teori peperangan, pada saat zaman perang, segala sesuatunya pada saat malam hari menggunakan sinyal api, mulai dari gerakan obor lawan pada saat malam hari. Apabila pada saat malam hari terlihat obor musuh, itu merupakan tanda untuk waspada ataupun hati-hati. Ada Juga Arti Serapan yang lain yang menunjukkan bahwa Warna Kuning itu dapat diartikan sebagai pergantian warna daun yang akan layu, dalam daun yang layu ini disebut masa transisi, makna serapan ini diartikan sebagai waktu jeda antara lampu merah menuju lampu hijau ataupun sebaliknya.

 3.Hijau.

Warna Hijau pada lampu lalu lintas memiliki arti untuk jalan terus.
Warna Hijau ini memiliki makna serapan yang berarti bebas. Yang diambil dari banyaknya warna daun tumbuhan yang berwarna hijau. Ini berarti mau tumbuhan apapun itu daunnya hijau. Artinya semua tumbuhan bebas memiliki warna hijau. Selain itu, dalam ilmu kedokteran warna hijau memiliki arti bahwa warna hijau itu merupakan warna yang menyehatkan mata,dimana ini dapat kita lihat pada saat dokter akan membedah pasien, dokter pasti akan sangat banyak melihat warna merah yang berasal dari darah pasien, keseringan melihat warna merah ini mengakibatkan mata cepat lelah, setelah diteliti lalu pakaian bedah dokter diputuskan untuk menjadi berwarna hijau, selain warna hijau itu membuat mata merasa lebih aman dan nyaman, perpindahan fokus mata antara warna merah ke warna hijau itu lebih aman daripada warna-warna yang lain. Karena kata serapan inilah lampu lalu lintas yang berarti “Jalan” berwarna hijau.
Ternyata lampu lalu lintas juga dibuat bersahabat untuk orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan seperti buta warna, orang yang memiliki gangguan buta warna biasanya melihat banyak warna menjadi sedikit saja, kebanyakan menjadi berwarna hitam putih, dan beberapa warna khusus menjadi warna yang lain. Hal ini yang menyebabkan posisi lampu merah dibuat diatas, karena apabila orang yang memiliki gangguan buta warna melihat warna merah akan menjadi warna jingga, dan lampu hijau terlihat seperti lampu biru. Hal ini membantu orang yang memiliki gangguan buta warna untuk melihat lampu lalu lintas, selain itu di beberapa negara juga menambahkan warna putih disampin warna rambu itu, ini untuk membantu para penderita buta warna untuk dapat membedakan antara rambu lalu lintas, lampu lalu lintas, dan lampu pemilik kendaraan lainnya,

Sekian artikel saya tentang lampu lalu lintas, semakin bertambah pengetahuan kita akan lampu lalu lintas oleh karena itu silahkan share artikel ini ke facebook atau media sosial lain yang anda gunakan agar orang lain lebih mengerti akan lampu lalu lintas itu, dan semoga saja mereka lebih menghargai lampu lalu lintas itu. 

Artikel Terkait

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon